Contoh Makalah IPA Tentang Dampak Limbah Terhadap Lingkungan

Contoh Makalah IPA Tentang Dampak Limbah Terhadap Lingkungan – Sekolah merupakan hak bagi penduduk suatu negara. Karena dengan sekolah, manusia bisa belajar banyak hal, mulai dari akademis hingga non-akademis.

Contoh Makalah IPA Tentang Dampak Limbah Terhadap Lingkungan

Tugas sekolah juga termasuk dalam kewajiban yang harus dilakukan oleh murid. Karena itu jangan heran jika Anda mendapat tugas seperti contoh makalah IPA tentang dampak limbah terhadap lingkungan. 

Kepedulian lingkungan merupakan standar tambahan yang sudah menjadi standar utama bagi manusia. Karena itu melalui pendidikan, kepedulian lingkungan bisa tumbuh dan keberlangsungan hidup manusia di Bumi bisa dipertahankan.

Seperti yang telah diketahui, berbagai isu mengenai lingkungan bersliweran di berbagai belahan dunia.

Namun jangan salah, isu bukan sekedar isu saja, bisa jadi hal tersebut adalah benar. Anda bisa mengetahuinya dengan logika belaka.

Tidak memerlukan tes-tes rumit dan penelitian bertahun-tahun yang menghabiskan waktu.

Cukup rasakan perubahan di sekeliling Anda. yang paling bisa dirasakan dari isu yang telah diketahui adalah perubahan iklim yang sangat ekstrem. Terutama di Indonesia yang seharusnya memiliki iklim paling stabil karena hanya terdiri dari dua musim.

Namun sekarang, hujan terus berdatangan bersama dengan badai. Matahari hanya bersinar beberapa hari sekali saja. Hal ini membuktikan adanya masalah dengan Bumi.

Salah satu isu lingkungan yang terkait langsung dengan manusia adalah isu mengenai aktivitas yang menghasilkan limbah. Kita semua tahu bahwa limbah merupakan sisa-sisa kegiatan manusia dan alam yang biasanya bersifat merugikan.

Karena merupakan salah satu sumber penyebab kerusakan lingkungan, maka tidak heran jika limbah menjadi topik bahasan umum seperti seperti contoh makalah IPA tentang dampak limbah. Terutama karena dampaknya terhadap lingkungan.

Untuk membuat seperti contoh makalah IPA tentang dampak limbah, maka Anda perlu melakukan pengamatan atau penelitian terlebih dahulu.

Seperti yang sudah disebutkan, tidak perlu penelitian rumit yang memakan waktu lama. Cukup mengamati perubahan lingkungan di sekitar Anda.

ada daerah yang dulunya tidak pernah banjir menjadi selalu banjir ketika musim hujan datang. Selain itu, daerah yang tidak pernah kekurangan air tiba-tiba mengalami kekeringan. Ada juga kasus di mana selokan di suatu daerah menjadi sangat bau, atau ternyata ada penyakit misterius yang menjangkiti penduduk dan ternyata penyebabnya adalah limbah yang mencemari air tanah yang menjadi sumber air penduduk.

Kasus-kasus tersebut bisa dikaitkan dengan limbah dan dapat diidentifikasi mengapa bisa menjadi seperti itu.

Yang penting adalah cara merumuskan masalah dan menyusunnya menjadi suatu karya tulis berupa makalah. Contoh makalah IPA tentang dampak limbah yang baik dan benar adalah yang mengungkapkan fakta dengan penjelasan yang logis.

Akan lebih baik lagi jika dijelaskan secara ilmiah, namun penelitian akan memakan waktu yang panjang hanya untuk mengidentifikasi satu kasus.

Oleh karena itu, tidak masalah jika Anda hanya menjelaskan hasil diskusi beserta dengan penjelasan fakta dan kesimpulan. 

Jangan lupa, kesimpulan harus menjawab masalah yang dipertanyakan di awal. Sebagai suatu karya tulis, semua elemen harus berhubungan dan didukung oleh teori yang ada.

Sebagai nilai tambah, akan sangat baik menggunakan bahasa yang resmi namun santai dan mudah dicerna. Urutan juga sangat penting dalam menulis makalah tentang limbah ini.

Jangan langsung melompat ke bagian permasalahannya, namun pikir baik-baik latar belakang mengapa penelitian tersebut dilakukan. Selain itu, perlu diperjelas cara melakukan penyusunan makalah. Apakah memakai cara ilmiah, atau memakai observasi dan tinjauan pustaka saja.

paling tidak, contoh makalah IPA tentang dampak limbah yang baik dan benar akan memiliki unsur-unsur tersebut. Demikian informasi yang 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Makalah IPA Tentang Dampak Limbah Terhadap Lingkungan "

Posting Komentar