Blog Mas Jeri Blog Mas Jeri Blog Mas Jeri 6 NEGARA YANG COCOK DIKUNJUNGI SAAT BULAN PUASA Terbaru - Blog Mas Jeri
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 NEGARA YANG COCOK DIKUNJUNGI SAAT BULAN PUASA Terbaru

6 NEGARA YANG COCOK DIKUNJUNGI SAAT BULAN PUASA Terbaru


6 NEGARA YANG COCOK DIKUNJUNGI SAAT BULAN PUASA

Mayoritas orang memilih untuk menghemat energi dengan berdiam diri di rumah saat berbuka puasa. Namun, bagi kalian yang memiliki jiwa petualang tinggi, traveling tentu menjadi pilihan utama. Nah, agar ibadah puasa Ramadhan terasa semakin istimewa, ada negara-negara tertentu yang pas dikunjungi saat bulan puasa. Entah atmosfer ataupun festival-festival yang diadakan, negara-negara berikut ini bisa jadi akan membuat kalian betah berpuasa Ramadhan di sana:

INILAH NEGARA YANG PAS DIKUNJUNGI DI BULAN PUASA Terbaru:

1. UNI EMIRAT ARAB

Di Uni Emirat Arab (UEA), mayoritas traveller muslim mencari suasana puasa melalui kemewahan. UEA memang memiliki banyak pertokoan mewah di berbagai sudut kotanya. Salah satu antusiasme warga UEA dalam menyambut Ramadhan bisa kalian lihat melalui menu berbuka puasa yang lezat dan beragam. Suhu yang cenderung panas tidak menyurutkan semangat orang-orang dalam menjalankan puasa. Biasanya, mereka akan menghabiskan waktu di pantai atau mengunjungi pusat ski indoor. Jangan lupa juga untuk berbuka puasa di gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, Dubai.

2. TURKI

Bagi umat muslim, Turki memiliki pesona tersendiri karena di negara inilah situs-situs bersejarah yang berhubungan dengan kejayaan Islam pada masa lalu berada. Salah satu tempat yang paling populer di kalangan umat Islam adalah Sultanahmet Square-Istanbul Hippodrome. Di alun-alun tersebut, kalian bisa menyaksikan perayaan tradisional Ramadhan yang terdiri dari tilawah, Sufi, pidato dari tokoh nasional, dan pertunjukan setelah salat Tarawih. Tidak hanya itu, ada pula berbagai makanan lokal Turki yang dijajakan di bazaar alun-alun.

3. MALAYSIA

Pada tahun 2015, sebuah survei dari Travel Muslim Global (GMTI) menunjukkan bahwa Malaysia menjadi negara yang paling populer dikunjungi ketika Ramadhan. Hal ini cukup menarik karena sebenarnya jumlah populasi penduduk muslim di Malaysia masih kalah jauh apabila dibandingkan dengan Indonesia. Bahkan, sebagai bentuk penghormatan untuk umat muslim di Malaysia, hari pertama bulan Ramadhan ditetapkan sebagai hari libur di negara bagian Malaka, Johor, dan Kedah. Jika traveling ke Malaysia saat Ramadhan, kalian akan menemukan bazaar-bazaar di berbagai ruas jalan Malaysia yang dibuka mulai pukul tiga sore.

4. INDIA

Setiap negara memang memiliki cara tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan, tidak terkecuali India. Setiap Ramadhan datang, para pria muslim akan menghias mata mereka dengan kohl, yakni celak mata. Aspek kuliner pun tidak luput mengalami perubahan selama Ramadhan. Mayoritas muslim di India senang berbuka puasa dengan mengonsumsi bihun, buah-buahan manis, serta sup ganghui yang terbuat dari terigu, beras, dan potongan daging. Tidak ketinggalan minuman khas India bernama Harir yang bahannya berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. JERMAN

Jerman mungkin bukan negara pertama yang muncul di pikiran ketika berbicara tentang destinasi traveling saat Ramadhan. Meski begitu, bukan berarti Jerman tidak menarik untuk dikunjungi. Mayoritas muslim di Jerman berasal dari Turki, jadi jangan heran apabila suasana Turki sangat terasa ketika Ramadhan. Salah satu tradisi Ramadhan yang ada di Jerman adalah hadirnya beberapa kuliner khas sana, yaitu Suus (minuman berbahan dasar gula hitam), Dschellab (campuran gula dan sirup kurma), Qamruddin (jus apricot), Qata’ef (kue kering yang direndam sirup gula), dan Kalladsch (makanan dari adonan pilo berisi kacang-kacangan).

6. CHILE

Takut batal puasa saat sedang traveling? Lebih baik kalian segera berkelana ke Chile karena di negara ini, puasa Ramadhan hanya berlangsung selama sembilan jam! Chile berada di ujung selatan Benua Amerika, berdekatan dengan Benua Antartika yang menjadi kawasan paling luas tertutup bayangan bumi. Dampaknya, matahari tidak bersinar terlalu lama, maksimal hanya sembilan hingga sepuluh jam setiap harinya. Meski Islam bukan menjadi agama mayoritas di Chile, penduduk muslim di sana tetap menyambut Ramadhan dengan gembira. Biasanya, mereka menyediakan Mote con Huesilo, jus spesial dengan potongan buah aprikot kering untuk berbuka puasa.

Tunggu apa lagi, segera siapkan paspor dan nikmati pengalaman berpuasa di negara-negara tersebut. Jika tidak sempat, selalu ada Ramadan tahun depan untuk dicoba. Siapkan budget traveling dari sekarang, ya!

Post a Comment for "6 NEGARA YANG COCOK DIKUNJUNGI SAAT BULAN PUASA Terbaru"