Blog Mas Jeri Blog Mas Jeri Blog Mas Jeri 6 Panduan Latihan Bench Press yang Efektif Bagi Pemula - Blog Mas Jeri
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Panduan Latihan Bench Press yang Efektif Bagi Pemula

6 Panduan Latihan Bench Press yang Efektif Bagi Pemula



Panduan Latihan Bench Press yang Efektif

Bench press adalah latihan dada yang paling populer. Namun, tanpa teknik dan sikap tubuh yang baik saat melakukan latihan ini, maka bisa-bisa latihan bench press Anda tidak akan membentuk otot dada Anda sama sekali. Dan kebanyakan orang, terutama para pemula, melakukan latihan ini dengan salah.
Simaklah beberapa tips latihan berikut yang bisa Anda ikuti untuk meminimalisir kesalahan dan resiko terjadinya 
cedera.

6 Panduan Latihan Bench Press yang Efektif :

1.      Rapatkan kaki dengan lantai
Kaki memiliki peran yang sangat penting untuk keseimbangan tubuh dalam kondisi apa pun, baik saat latihan, berdiri, berjalan, berlari, dan sebagainya. Saat melakukan bench press, koordinasi dan kekuatan harus diperhatikan, salah satunya dengan merapatkan kaki Anda dengan lantai.

2.      Rapatkan badan ke bench
Rapatkanlah seluruh bagian tubuh, mulai dari punggung, pantat, dan 
bahu sekuat mungkin untuk mencapai stabilitas dan keseimbangan tubuh Anda.

3.      Terapkan Full Range of Motion
Full range of motion ini harus Anda terapkan pada tiap latihan kecuali untuk latihan 
perut. Saat Anda menurunkan beban, Anda tidak menurunkannya hingga meneyentuh dada. Dengan begitu otot dada malah akan kurang terlibat dalam latihan yang tujuannya untuk melatih dada ini. Jadi lakukan gerakan ini secara penuh.

4.      Jaga Agar Pergelangan Tangan Tetap Lurus
Luruskan 
lengan dan tangan Anda untuk mengurangi tekanan pada ligamen-ligamen di pergelangan tangan.

5.      Tahan Nafas
Segera setelah Anda menghembuskan nafas, maka tekanan dalam rongga dada akan turun. Dan ini tidak hanya akan meningkatkan resiko 
cedera, tapi juga akan menurunkan kekuatan Anda. Ambil nafas pada puncak latihan ini, yaitu saat lengan Anda terkunci.

6.      Fokus pada Dada
Dari 3 otot utama yang terlibat, yaitu dada, 
bahu dan tricep, maka otot dada-lah yang paling kuat. Banyak orang terlalu menekan bahu dan lengan saat melakukan bench press. Cobalah untuk menekan dada tiap repestisi yang Anda lakukan agar otot dada benar-benar dilatih melalui latihan ini.

Latihan dada dengan bench press tidak akan membentuk dada dengan baik jika latihan ini tidak melibatkan otot dada dengan maksimal. Oleh karena itu, lakukan gerakan ini dengan teknik yang benar, sikap tubuh yang baik dan berat yang tepat. Selamat berlatih!

Post a Comment for " 6 Panduan Latihan Bench Press yang Efektif Bagi Pemula"