Sejarah Dunia Selama 200.000 Tahun Dan Peradaban Peradaban Di Dunia

 

Selama ini banyak yang membaca sejarah secara terpisah berdasarkan daerah, kejadian luar biasa, periode, atau tokoh populer tanpa membandingkan konstelasi kekuatan global atau kaitan rangkaian peristiwa. Ketika membaca Majapahit, kita tak terpikirkan akan apa yang sedang terjadi di Eropa. Ketika sedang mempelajari zaman keemasan Islam, kita tak tahu sedang apa di Nusantara. Oleh karenanya, saya mencoba membuat lini masa berikut untuk melihat sejarah secara lebih luas tapi cukup ringkas. Kejadian-kejadian besar dalam lini masa ini tak akan memberikan jawaban tapi dapat menjadi bahan untuk membandingkan apa yang terjadi di beberapa belahan dunia dan membaca kaitannya. Mengapa kerajaan Hindu-Buddha yang berkuasa terlebih dahulu di Indonesia? Siapakah penguasa Romawi yang disebutkan dalam Ar Rum ayat 2? Apakah Fatih seorang penakluk atau pembebas? Apa dampak jika Covid-19 membunuh jutaan orang tahun ini dan beberapa tahun ke depan?

Mempelajari sejarah adalah untuk memperluas cakrawala tentang apa yang terjadi di masa lalu, melihat rantai peristiwa dan menyadari bahwa apa yang kita hadapi sekarang adalah buah dari kesejarahan tersebut. ‘Humility’ atau kerendahan hati adalah tujuan utama mempelajari sejarah. Bahwa semua pernah jaya, semua pernah sengsara.

Periode 200.000 SM

Di Afrika, Homo sapiens, sebagaimana dinamai oleh Carl Linneaus, diperkirakan pertama kali muncul pada 200.000 tahun yang lalu. Populasinya terus bertambah seiring waktu dan kemudian mengembara keluar dari Afrika sekitar 100.000 tahun lalu dan merambah ke banyak wilayah dunia.

Di berbagai wilayah dunia di luar Afrika, jauh sebelum Sapiens, berbagai spesies manusia purba telah memiliki sejarah panjang jauh di berbagai belahan dunia, termasuk di Nusantara. Lalu mereka punah diakibatkan salah satunya oleh invasi Homo sapiens yang berasal dari Afrika, nenek moyang kita.

Puluhan ribu tahun kemudian, Sapiens membangun kebudayaan-kebudayaan agung pertama yang memulai sejarah peradaban manusia sebagaimana yang kita kenal sekarang. Manusia kemudian menetap di berbagai wilayah ini setelah mengembangkan kemampuan menjinakkan tumbuhan dan hewan yang tadinya hidup liar. Setelah proses domestikasi, ada keharusan untuk menjaga tanaman dan ternaknya, membuat manusia menetap, membangun masyarakat kecil, membentuk pasukan untuk menjaga sumber daya, dan akhirnya membangun sistem sosial, budaya dan kemudian peradaban.

Periode 3000 sd 2000 SM

(jumlah bintang/asterisk menandai kekuasaaan/pengaruh)

/Mesir Kuno**

Periode pertama peradaban Mesir Kuno berkembang dengan beberapa penguasa yang pada periode ini belum disebut Firaun. Piramida Giza dan Sphinx dibangun pada milenium ini oleh Khafre dan penerusnya pada masa sekitar 2500 SM.

/Lembah Indus**

Peradaban Sungai Indus berkembang dan membangun kota-kota terorganisir yang meliputi Mahenjo Daro, Harappa dan beberapa kota kuno lainnya.

/Mesopotamia***

Berbagai negara kota terbentuk di wilayah ini meliputi Babilonia, Sumeria, dan Akkadia.

/Cina**

Peradaban Dinasti Xia muncul pada akhir milenium ini dan tercatat sebagai dinasti pertama daratan Cina.

/Nusantara

Manusia Austronesia asal Taiwan diperkirakan telah menyebar ke Nusantara.

/Amerika*

Norte Chico di Peru dianggap sebagai peradaban tertua di benua Amerika.

/Eropa*

Wilayah Eropa masih terbagi menjadi banyak kelompok bangsa dan budaya yang terpisah satu sama lain.

Periode 2.000 sd 1.000 SM

/Mesir Kuno ******

Peradaban Mesir berkembang pesat di bawah Ramses II. Mesir Kuno mewariskan piramida-piramida, teknik agrikultur, teknologi kapal, seni yang agung, hukum tertulis, matematika, pemanfaatan kuda, serta cerita kemunculan Nabi Musa, dan putri Firaun yang menikahi Raja Daud yaitu penguasa Monarki Israel saat itu yang sekaligus merupakan bapak dari Raja Sulaiman.

/Minoa/Aegea ***

Peradaban ini muncul di bagian selatan Eropa di laut Mediterania. Masyarakat Minoa, Mycenea dan lainnya melakukan perdagangan dengan Mesir dan Babilonia yang telah lebih dulu berkembang. Yunani Kuno muncul dari peradaban ini pada pertengahan milenium. Pada milenium ini muncul catatan penyembahan terhadap Zues, karya-karya Homer, dan cerita kuda Troy hingga pada awal milenium ini terbentuk negara kota seperti Athena dan Sparta.

/Het**

Bangsa ini berkembang pada abad 17 SM dan merupakan nenek moyang penutur bahasa Indo-Eropa dan Anatolia (bangsa Turki) yang pada puncaknya menguasai sebagian besar Asia Kecil.

/Babilonia****

Pada masa ini, hukum Hammurabi dari Babilonia muncul sebagai hukum tertulis pertama dengan konsep-konsep yang khusus seperti azas praduga tak bersalah. Di masa dan daerah inilah Ibrahim hidup sebelum pindah ke Kan’an (Israel/Palestina), Marduk disembah, astrologi berkembang, dan terjadi puncak kebudayaan Babilonia sebagai pusat perdagangan Dunia Timur. Kerajaan Assiria yang merupakan nenek moyang bangsa Iran berkuasa pada akhir milenium.

/India**

Peradaban Sungai Indus dilanjutkan oleh periode selanjutnya. Pada milenium ini, tibalah orang-orang Nordik Proto yang berbangsa dan berbahasa Arya dan merupakan nenek moyang orang India dan Hindu. Sanskerta muncul sebagai bahasa yang dipakai secara luas pada abad 14 SM bersamaan dengan munculnya sistem kasta. Ceritera Mahabharata diperkirakan muncul di akhir milenium ini.

/Nusantara

Pada periode ini, tidak ada bukti munculnya masyarakat teroganisir sebesar komunitas di wilayah-wilayah lain seperti India ataupun Mesir seperti yang disebutkan di atas. Namun ada spekulasi munculnya kelompok masyarakat prasejarah yang terafiliasi dengan peninggalan di Gunung Padang di Jawa bagian barat dan Lore Lindu di Sulawesi.

/Asia Timur**

Peradaban tinggi berbagai kelompok suku di dataran Cina memunculkan konflik, saling serang, dan perebutan pengaruh antara bangsa Hun seperti bangsa Mongol, Tartar, Sia, Sang, Yin, dan Chou. | Pada periode ini, Jepang masih belum membentuk kekuatan terpusat.

/Amerika*

Peradaban Olmec lahir dan berkembang pada periode sekitar 1600-1200 SM, memunculkan pusat-pusat kehidupan di teluk Meksiko dan runtuh pada 400 SM.

Abad 10 sd 6 SM

/Mesir Kuno**

Mesir Kuno mulai mundur dari sisi ekonomi dan keluhuran budayanya dan ditandai dengan banyaknya perang saudara hingga kemudian dikuasai Kekaisaran Assiria dari daerah Mesopotamia. Pada rentang waktu ini, Etiopia terbebas dari Mesir dan membentuk bibit kerajaan baru yaitu Aksum.

/Yunani dan Romawi Kuno**

Kebudayaan Hellenistik muncul dan ekspansi militer dilakukan sampai dengan pantai Afrika dan Asia kecil. Dari sini kita mengenal nama dan peristiwa seperti Thales, Pythagoras, pertempuran Marathon, dan Thespis, aktor drama pertama dalam sejarah. Alfabet Yunani muncul sebagai bahasa tulis di banyak negara kota. Olimpiade pertama diadakan c. 776 SM.

/Het

Setelah diinvasi oleh Kekaisaran Assiria, Kerajaan Het runtuh.

/Persia*****

Pada abad ke 6 SM, Kekaisaran Persia Awal (Achaemenid) di bawah Sirus Yang Agung muncul dengan kekuatan baru dan menggetarkan, termasuk menguasai Assiria dan Babilonia hingga mengusai Mesir.

/India***

Sistem Brahmana muncul menjadi dasar-dasar filosofi India. Pada abad ke 5 SM, Buddha mulai menyebarkan ajarannya dan Rahmayana lahir sebagai cerita keluhuran bangsa Arya.

/Nusantara*

Kebudayaan Buni diperkirakan telah tumbuh di Pulau Jawa bagian barat. Kebudayaan ini diperkirakan muncul sebagai asimilasi Hindu dengan penduduk setempat.

/Asian Timur**

Cina mendominasi wilayah ini dan memunculkan nama-nama tokoh besar seperti Lao-Tse dan Konfusius yang ajarannya menjadi dasar agama, adat dan kehidupan politik bangsa Cina sampai saat ini. Di Jepang, kaisar Jimmu menjadi kaisar pertama yang diakui.

/Amerika*

Olmec membangun piramida-piramida seperti La Venta, salah satu yang paling terkenal. Kekuasaan meliputi banyak wilayah di Meksiko sekarang.

Abad 5 sd 2 SM

/Yunani dan Macedonia******

Iskandar yang Agung dari Macedonia menaklukkan Persia yang sedang berada di puncaknya, lalu kemudian menduduki Mesir. Iskandariah atau Alexandria di Mesir kemudian menjadi pusat Kebudayaan Hellenistik, puncak kebesaran Yunani dan awal dari pemikiran ilmiah dan keluhuran kebudayaan Yunani Klasik di mana Socrates, Plato, Aristoteles, dan Euclid hidup dan berkarya.

/Romawi***

Bangsa Roma masih berseteru dengan bangsa Gaul dan telah mulai membangun kekuatannya. Pada masa ini Gladiator diadakan pertama kali pada 264 SM. Roma menjadi Republik dan bersiap-siap menjadi kekuatan paling agung.

/India*

India dikuasai Persia sampai 330 SM sebelum kemudian Dinasti Maurya di bawah Candragupta mengambil alih sebagian besar wilayah di India kecuali Tamil. Raja Asoka, cucu Candragupta menjadikan agama Buddha sebagai agama kerajaan dan menyebar ke Tibet. Pada abad ini terjadi pertempuran besar Asoka melawan Kalingga.

/Nusantara

Tak diketahui detail dari pusat peradaban yang signifikan namun dipercaya telah banyak permukiman-permukiman di banyak tempat ditandai dengan peninggalan megalitik yang tersebar di berbagai daerah.

/Asia Timur**

Konfusius menjadi ideologi Cina dan Cina yang tadinya tercerai berai bersatu kembali dibawah Dinasti Tsin dan Qin yang menyelesaikan Tembok Besar Cina untuk menghalau tentara nomad Tartar. Dinasti Han melanjutkan kekuasaan Tsin setelah revolusi dan kemudian berdagang secara damai dengan India, Persia dan Romawi. Di Jepang abad ke 4, pertanian mulai permanen dan periode Yayoi dimulai.

/Amerika

Olmec mengalami kemunduran dan akhirnya hilang diperkirakan akibat bencana alam dan perubahan kontur tektonik.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post