Blog Mas Jeri Blog Mas Jeri Blog Mas Jeri Biografi Singkat Hartini Soekarno Dan Cerita Cintanya Dengan Bung Karno - Blog Mas Jeri
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Singkat Hartini Soekarno Dan Cerita Cintanya Dengan Bung Karno


Hartini Soekarno, lahir di Ponorogo Jawa Timur tanggal 20 September 1924 beragama Islam. Hartini menempuh pendidikan awal di HIS (Holland Indlands School) dan pendidikan terakhirnya di kelas dua Sekolah Menengah Atas pada tahun 1942. Pengusaha wanita ini bertempat tinggal di Jalan Proklamasi No. 62 Jakarta Pusat.


Enam belas tahun cinta dan kesedihan, Hartini setia menunjukkan di sekitar suaminya sampai kematiannya. Ia resmi menjadi istri Soekarno satu tahun setelah pertemuan pertama mereka di Prambanan, Yogyakarta pada tahun 1952. Ia adalah seorang janda berusia 28 tahun. Bersama suami pertamanya, Suwondo, ia dikaruniai lima orang anak. Menikah dengan Soekarno, ia mendapat dua orang anak.


Dia biasa dipanggil dengan Tien, anak kedua dari lima. Ayah, Osan adalah pejabat kehutanan, dididik dengan cara tradisional. Tak heran, jika pendidikan formal Tien hanya sampai kelas dua sekolah menengah atas. Pendapatnya tentang seorang istri cukup sederhana. Bukannya sebagai istri, kita juga ibu, pasangan, dan kekasih bagi suaminya.


Sebagai ibu, menurut Tien, jika suami sakit harus dilayani dengan baik. Beri minum obat, pijat, dan belai sampai tertidur. Sebagai partner, dimana dan kapanpun, harus menjaga perbincangan. Ia rajin membaca dan mengumpulkan informasi, agar dapat berbicara sebagai partner yang baik dan bijaksana.
Dia tetap muda dan terlihat cantik di usia 60-an. Rahasia kecantikan Hartini adalah setiap pagi bangun tidur segera minum segelas air putih dan berolahraga ringan. Juga minum ramuan jamu berupa kunyit rebus, daun asam, jahe liar, asam jawa matang, daun kacapiring, dan gula merah, serta ramuan jamu tersebut diminum dua kali sehari dan tidak mengonsumsi makanan yang amis seperti ikan dan telur.

  

Post a Comment for "Biografi Singkat Hartini Soekarno Dan Cerita Cintanya Dengan Bung Karno"