Blog Mas Jeri Blog Mas Jeri Blog Mas Jeri Pengertian Deep Learning ,Beserta Contohnya - Blog Mas Jeri
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Deep Learning ,Beserta Contohnya

 


Beberapa tahun terakhir ini, kecerdasan buatan berkembang cukup sangat pesat. Masalah – masalah yang sebelumnya sangat sulit dipecahkan manusia, dengan adanya kecerdasan buatan masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mudah.  Kecerdasan buatan memiliki masalah dalam menerapkan beberapa intuisi dalam pengetahuannya sehingga untuk menyelesaikan masalah tersebut digunakan lah konsep deep learning. 

Deep Learning menggunakan representasi yang sederhana tetapi dengan konsep tersebut komputer dapat membangun konsep yang kompleks seperti yang di tunjukkan oleh gambar 1. Model Deep Learning  tumbuh berkembangan seiring dengan perkembangan komputer baik hardware maupun software.

Gambar 1 Ilustrasi Deep Learning (credits: Yann)

Deep Learning adalah bagian dari kecerdasan buatan dan machine learning (dapat dilihat pada gambar 2), yang merupakan pengembangan dari neural network multiple layer untuk memberikan ketepatan tugas seperti deteksi objek, pengenalan suara, terjemahan bahasa dan lain – lain. 

Deep Learning berbeda dari teknik machine learning yang tradisional, karena deep learning secara otomatis melakukan representasi dari data seperti gambar, video atau text tanpa memperkenalkan aturan kode atau pengetahuan domain manusia.

Gambar 2 Diagram Venn Deep Learning (credits: Yann)

Deep Learning dikembangkan pada tahun 1950 namun baru tahun 1990 dapat di aplikasikan dengan sukses. Learning algoritma yang digunakan sekarang pada task yang komplek hampir sama seperti learning algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan masalah permainan pada tahun 1980, meskipun model algoritma yang digunakan berubah menjadi training yang sederhana dari arsitektur deep learning. 

Hal yang penting pada pengembangan model yang sekarang adalah kita dapat mendukung dengan resource yang dibutuhkan agar menjadi sukses. Pengembangan data set (dapat dilihat pada gambar 3) yang semakin meningkat menyebabkan data set tersentralisasi yang memudahkan dalam pengelolaannya.

Gambar 3 Perkembangan data set (credits: Yann)

 

Disusun Oleh: Yaqutina Marjani S.

Oleh : Aditya Yanuar R

sumber :

[1]Yann LeCun, Yoshua Bengio & Geoffrey Hinton . 2015. Deep Learning. Canada: Macmillan Publishers Limited.

[2]http://www.deeplearningbook.org

[3]http://developer.nvdia.com

[4]MIPA UGM

Post a Comment for "Pengertian Deep Learning ,Beserta Contohnya"