Mengapa Teknologi Baru SpaceX Jauh Lebih Modern

Kredit Gambar: SpaceX

WDengan kemungkinan enam jenis yang berbeda, roket Starship yang dapat digunakan kembali yang dirancang oleh SpaceX mungkin merupakan salah satu bagian mesin paling rumit yang pernah dibuat, dan penerus Pesawat Ulang-alik Amerika.

Starship dijadwalkan untuk melakukan peluncuran pertamanya pada tahun 2023. Sudah ada beberapa uji terbang yang berhasil untuk Starhopper, sebuah pesawat yang dibuat dengan model Starship. Tes Starhopper pada 27 Agustus 2019 mencapai ketinggian maksimum 150 meter (sekitar 500 kaki), dan secara mandiri kembali ke tanah tanpa insiden.

Memang, tes 57 detik tanpa terlalu tinggi di udara sepertinya tidak seberapa dibandingkan dengan kendaraan yang meluncur ke luar angkasa dan memasuki orbit mengelilingi Bumi, tetapi Starhopper sangat kritis. untuk kesuksesan Starship. Starhopper adalah cara yang baik untuk menguji ketepatan lepas landas dan pendaratan Starship dan untuk memeriksa efek kondisi yang berbeda pada pesawat ruang angkasa.

Apa Yang Dapat Dilakukan Kapal Luar Angkasa?

Didesain dengan enam varian berbeda, Starship dapat melakukan apa saja yang dapat dilakukan seseorang di luar angkasa. Enam desain berbeda tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kru

Crew Starship akan dirancang untuk membawa awak manusia, sesuai dengan namanya. SpaceX percaya bahwa setelah selesai Starship akan mampu mengangkut maksimal 100 orang sekaligus.

2. Kapal tanker

Kapal Tanker Starship murni dimaksudkan untuk mengisi bahan bakar pesawat ruang angkasa lain yang sudah mengorbit di sekitar Bumi. Setelah selesai mengisi bahan bakar, ia hanya akan melakukan pembakaran de-orbit dan jatuh kembali melalui atmosfer untuk mendarat di Bumi.

3. Kargo

Tujuan dari Cargo Starship adalah untuk mengirim satelit dan barang lainnya ke luar angkasa. Ini akan memiliki palka besar yang terbuka untuk menyebarkan satelit dan pelabuhan berlabuh untuk berlabuh dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam misi pengisian ulang. Ini akan mampu menampung sekitar 1.000 meter kubik kargo.

4. Kapal Luar Angkasa Satu Arah

Apa yang paling mungkin paling tidak umum dari semua desain, One-Way Starship tetap berpegang pada namanya dan melakukan perjalanan hanya satu arah, menjadikannya satu-satunya varian yang tidak kembali ke Bumi. Kapal Luar Angkasa Satu Arah terutama akan digunakan untuk menginjeksi muatan ke tata surya luar dan tidak akan memiliki semua teknologi masuk kembali mewah yang akan dilengkapi dengan kapal luar angkasa lainnya.

5. Lunar Starship

Lunar Starship mungkin akan digunakan paling cepat tahun 2024, untuk Program Artemis NASA. Mirip dengan One-Way Starship, Lunar Starship tidak dirancang untuk kembali ke Bumi, meskipun dimaksudkan untuk kembali ke orbit rendah Bumi jika perlu.

6. Kapal Luar Angkasa Bumi

Jika berhasil diproduksi secara massal, Earth Starship dapat membuat beberapa maskapai penerbangan gulung tikar. SpaceX mengklaim bahwa Starship versi Bumi akan dapat membawa penumpang dari area metropolitan besar ke area lain dalam waktu kurang dari satu jam, dan dengan sebagian besar penerbangan jarak jauh hanya berlangsung selama 30 menit. Dibandingkan dengan 21 setengah jam yang dibutuhkan maskapai penerbangan komersial sekarang untuk terbang dari London ke Sydney, Starship akan menghemat waktu yang signifikan dalam melakukan perjalanan yang sama hanya dalam 50 menit.

Bahan Kapal Luar Angkasa

Agak tidak konvensional, Starship direncanakan memiliki eksterior baja tahan karat. Meskipun tidak terlihat seperti kebanyakan roket lainnya, baja tahan karat jauh lebih murah daripada serat karbon biasa yang awalnya direncanakan SpaceX.


Kredit Gambar: SpaceX

Selain itu, Elon Musk mengklaim bahwa baja tahan karat bertahan lebih baik melalui suhu yang lebih tinggi daripada komposit karbon.

Seberapa Dapat Digunakan Kembali Starship?

Jawaban singkatnya sangat dapat digunakan kembali. Elon Musk mengatakan dia berencana untuk meluncurkan setiap Earth Starship 3 kali sehari. Musk juga mengklaim bahwa di masa depan pabrik SpaceX di Texas tempat Starship dikembangkan akan mampu memproduksi satu Starship setiap 72 jam.

Bagaimana Ini Diluncurkan

Pada saat peluncuran, Starship akan dipasang ke Superheavy First Stage Booster. Booster Superheavy akan memberikan dorongan awal bagi Starship untuk bisa mengudara. Setelah sekitar 2 menit, booster akan jatuh kembali ke tanah dan secara mandiri mendarat di platform peluncuran.

Setelah tahap pertama terlepas, Starship akan mengandalkan mesin Raptor yang kuat untuk masuk ke orbit parkir di sekitar Bumi, yang darinya ia dapat melakukan fungsi rutinnya seperti menyebarkan satelit atau menuju Bulan, Mars, atau di suatu tempat di luar.

Kesimpulan

Jika SpaceX dapat menindaklanjuti klaim mereka, Starship akan menjadi kemajuan luar biasa dalam perjalanan dan utilitas luar angkasa. Hanya Pesawat Ulang-alik Amerika yang hampir bersaing dengan kegunaan dan kehebatannya, dan bahkan Starship masih bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan Pesawat Ulang-alik.

 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post