Seberapa Kuat Kekuatan Militer Jepang Setelah Perang Dunia Ke 2 dan Perang Dingin ?

 


Setelah kita pernah membahas Seberapa Kuat Militer Jepang Pasca Perang Dunia Ke 2 yang bisa anda baca disini ,kali ini kita akan membahas Seberapa Kuat Militer Jepang Pasca Perang Dunia Ke 2 ?

Semenjak kekalahan jepang pada perang dunia ke dua, militer negara ini memang terkesan agak dibatasi oleh sekutu, Jepang hanya boleh mempunyai pasukan pertahanan yang bersifat defensif atau yang sekarang biasa disebut sebagai "Japan Self Defence Force" (JSDF) atau Pasukan Bela Diri Pertahanan Jepang, layaknya kebanyakan militer negara lain, JSDF juga mempunyai berbagai matra, mulai dari darat (JGSDF), matra laut (JMSDF), serta matra udara (JASDF).

Namun meskipun dibatasi, Jepang masih menjadi negara dengan militer terkuat. Diketahui pada tahun 2020, anggaran pertahanan militer Jepang mencapai 47 milliar dollar AS.

Jepang memang banyak melakukan kerja sama di bidang pertahanan, terutama dengan AS, membuat keamanan negara ini terjamin, dan berikut beberapa peralatan tempur JSDF yang membuatnya menjadi terbaik di kawasan.

1. Howa Type 89 Rifle

Howa Type 89 merupakan senapan standar Pasukan Bela Diri Jepang yang mulai di perkenalkan pada tahun 1989, menggantikan senapan serbu Howa Type 64. Senapan ini didasarkan pada senapan komersial AR-18 dan menggunakan peluru 5,56 mm standar NATO.

Terdapat 3 jenis mode penembakan pada senapan ini, yaitu Auto, Semi auto, dan Three round burst. Howa type 89 mampu menembakkan 750 butir peluru/menit, dan memiliki jarak tembak efektif sekitar 500 meter.

2. Izumo class Helicopter Destroyer

Akhirnya ! Semenjak kekalahanya dalam Perang Dunia 2, Jepang kembali membangun Kapal induk Terbesarnya, yaitu Izumo. Izumo merupakan kapal terbesar yang di operasikan oleh JMSDF (Japan Maritime Self Defence Force) saat ini, kapal dengan panjang 250 meter dan berat 27.000 ton ini memiliki kecepatan maksimal 30 knot.

Izumo mempunyai kapasitas untuk mengangkut 28 Helikopter yang memiliki kemampuan ASW ( Anti Submarine Warfare/Peperangan Anti Kapal Selam) oleh karena itu, misi utama Izumo adalah sebagai penghancur kapal selam. Izumo nantinya juga akan dapat mengangkut Jet siluman F-35B Lightning II. Dalam masa damai, Izumo bisa di kerahkan dalam tugas kemanusiaan dan bencana alam, serta patroli perbatasan.

Militer Jepang sendiri tidak menyebut Izumo sebagai kapal induk, melainkan Helicopter Destroyer atau DDH, hal ini dikarenakan konstitusi Jepang tidak mengizinkan untuk mempunyai kekuatan yang bersifat Offensif.

3. Atago class Destroyer

Jawaban Jepang atas ancaman rudal nuklir Korea Utara, Atago merupakan kapal perang AEGIS yang mempunyai kemampuan penangkis rudal balistik nuklir.

Atago mulai bertugas bersama JMSDF pada tahun 2007, dia memiliki panjang 175 meter dan bobot 10.000 ton menjadikanya kapal Perusak paling besar yang dimiliki jepang saat itu.

Kehebatan Atago terletak pada 96 unit VLS (Vertical Launch System) yang terpasang pada bagian depan dan belakang kapal, sistem ini dapat memuat berbagai jenis rudal, diantaranya SM-3 (Standart Missile-3) yang merupakan aset utama Jepang untuk mencegat rudal balistik nuklir.

4. Type 10 Hitomaru

Type-10 merupakan Tank Tempur Utama generasi ke-4 yang di kembangkan oleh Mitsubishi Heavy Industry, untuk Pasukan Bela Diri Darat Jepang. Tank ini akan menggantikan MBT yang lebih tua, yaitu Type 64 dan Type 90.

Sebagai Tank Tempur paling modern, Hitomaru memiliki performa yang lebih baik dalam segi manuver, proteksi, dan fire power, menjadikanya salah satu tank terbaik di dunia.

5. Mitsubishi F-2 Viper Zero 

F-2 Merupakan Jet tempur multi-role bermesin tunggal yang di buat atas kerjasama Mitsubishi Heavy Industries (Jepang) dengan Lockheed Martin (AS)

Desain F-2 sendiri di dasarkan pada Jet tempur F-16C milik angkatan udara AS, dengan beberapa modifikasi agar dapat memenuhi standar tempur Angkatan Udara Bela Diri Jepang.

Jet ini dapat melakukan berbagai macam peran diantaranya adalah peperangan udara (Dogfight), misi serangan darat, misi anti kapal, serta bantuan serangan udara / close air support (CAS)

SUMBER :

[1]wikipedia.org

[2]seaforces.org

[3]naval-technology.com

[4]wikipedia.org

[5[wikipedia.org

 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post