Mengenal Hewan-Hewan Mengerikan Dikedalaman Samudera, Rupa Mereka Layaknya Monster!

 


Kehidupan di laut adalah salah satu kehidupan dengan keanekaragaman mahluk hidup. Kita bisa menjumpai banyak sekali biota laut, mulai dari berbagai jenis hewan, tumbuhan hingga karang. Namun, tahukah kamu jika laut menyimpan banyak mahluk hidup unik bahkan menyeramkan yang hidup bebas di dalamnya?

Sebagian besar hewan-hewan itu bisa ditemukan di dasar terdalam samudera. Jauh di bawah permukaan laut dan hidup diantara kegelapan dan kesunyian dasar laut. Dibawah ini beberapa hewan yang ada di dasar terdalam samudera.

1. Football Fish

Nampak Visual Footbal Fish | Wikipedia

Namanya sangat unik dan lucu bukan? Ya, hewan ini termasuk salah satu hewan laut yang tinggal dikedalaman 1 km dibawah permukaan laut. Football fish bisa kita temukan di sekitar Palung Mariana, palung terdalam di dunia.

Bentuknya juga unik, tetapi banyak yang bilang hewan ini memiliki wajah yang menyeramkan. Ikan football fish memiliki bentuk tubuh bulat seperti bola, persis seperti namanya. Ia bisa tumbuh mencapai 60 cm untuk betina dan untuk jantan hanya bisa tumbuh 4 cm, cukup kecil ya. Seperti televisi, Hewan ini juga memiliki antena di kepalanya.

Hewan ini juga terkenal sering masuk di film-film berlatar dasar laut, seperti film Nemo hingga serial kartun Spoengebob Squarpant. Lucu ya!

2. Fanfin Sea Devil

Fanfin Sea Devil | Reddit

Hewan apa lagi ini, bantuknya sedikit aneh dengan serabut-serabut kecil yang ada disekitar badannya. Inilah Fanfin Sea Devil, namanya keren sangat bukan? Seperti nama tokoh di serial film fantasi.

Hewan yang satu ini tinggal di dasar laut, tepatnya di Palung Mariana. Ikan ini bisa tumbuh hingga 20 cm untuk betina dan jantan bisa tumbuh hingga 2,5 cm. Di ujung kepala Fanfin Sea Devil ini terdapat sesuatu yang menyala karena efek bioluminiscent.

3. Dragon Fish

Dragon Fish | Fishtankweb

Scaly Dragon Fish adalah salah satu hewan unik yang hidup didasar laut. Hewan ini bisa ditemukan di kedalaman dunia di lautan tropis hingga sedang. Tetapi tidak ada di Pasifik Utara dan Samudra Atlantik barat laut.

Ikan ini memiliki bentuk yang unik, bentuknya panjang dan bersisik seperti naga. Ia juga memiliki gigi yang sangat tajam loh!

4. Angler Fish

Angler Fish | Imgur

Hewan ini memiliki nama ilmiah Lophiiformes, atau memiliki nama lain ikan sungut ganda. Angler Fish merupakan ordo ikan bertulang sejati yang umumnya hidup di laut dalam. Habitatnya di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Ikan ini biasa ditemukan di kedalaman 1.474 meter.

Ikan ini berbentuk unik sedikit aneh dengan antena unik diatas kepalanya. Tubuhnya terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar. Sama dengan ikan sebelumnya, Angler fish jantan memiliki ukuran tubuh lebih kecil ketimbang betina.

5. Deep Sea Hatchetfish

Deep Sea Hatcetfish | Pinterest

Ikan yang satu ini hidup dibawah kedalaman dasar laut yang penuh dengan kegelapan. Ditemukan di perairan tropis, subtropis dan beriklim Atlantik, Pasifik, dan Samudra Hindia. Mereka biasanya muncul pada beberapa ratus meter di bawah permukaan, tetapi seluruh rentang kedalamannya berkisar dari 50 hingga 1.500 meter.

Ikan hatchetfish ini memiliki ukuran berkisar 2,8 cm hingga 12 cm. Mereka adalah ikan laut dalam kecil yang telah berevolusi ke bentuk tubuh aneh, ini seperti saudara mereka memiliki photophores bioluminescent.

Ikan ini memiliki kemampuan bisa mengatur tingkat pencahayaan tubuhnya untuk menghindari predator.

6. Fangtooth Fish

Fangtooth Fish | Vesti

Ditemukan di kedalaman 200-2.000 meter di Palung Mariana. Fangtooth adalah ikan beryciform dari famili Anoplogastridae yang hidup di laut dalam. Namanya berasal dari bahasa Yunani anoplo yang berarti “tidak bersenjata” dan gaster yang berarti “perut”.

Fangtooth dikenal dengan gigi-giginya yang dan tajam, mirip pedang.

Ikan Fangtooth fish bisa mencapai 16 sentimeter dengan panjang taringnya mencapai kurang lebih 4 cm. Matanya kecil dan terletak di bagian atas kepala.  

Hewan-hewan diatas memiliki bentuk dan rupa yang unik. Sayangnya, mereka tinggal sangat jauh dari permukaan laut. Bahkan, ada yang hidup dikedalaman 1 km dibawah laut. Ngeri juga ya!

 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post